Kamis, 30 Maret 2017

Trend Topic Share "Raw Food"

TREND TOPIC SHARE
“RAW FOOD”

Trend Topic Share merupakan suatu bentuk kegiatan debat dengan tema Raw Food. Raw Food merupakan makanan tanpa memerlukan proses pemasakan terlebih dahulu yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam kegiatan debat tersebut terdapat 3 topik bahasan mengenai Raw Food yaitu, konsumsi telur mentah dapat meningkatkan stamina tubuh dan kesehatan, Sashimi layak dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, dan Sayuran hijau mentah lebih baik untuk dikonsumsi.
Berdasarkan hasil debat pada hari kamis, 23 februari 2017 mengenai topik yang dibahas :
konsumsi telur mentah dapat meningkatkan stamina tubuh dan kesehatan
Telur terdapat asam amino esensial yang mudah dicerna. Telur yang mentah dapat meningkatkan stamina tubuh. Telur yang dikonsumsi mentah mengandung protein, antioksidan, dan zat besi yang baik. Kandungan gizi telur akan maksimal jika di konsumsi secara mentah. Namun, telur yang dikonsumsi secara mentah dapat menyebabkan kontaminasi bakteri salmonella dan menghambat biovaibilitas protein. Telur mentah mengandung avidin yang dapat mencegah penyerapan biotin.
Sashimi layak dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari
Sashimi kaya akan Omega 3, kaya protein, dan rendah kalori. Sashimi baik untuk menjadi salah satu menu diet. Namun, sashimi terdapat bakteri dan parasit yang sulit untuk dideteksi. Orang – orang Jepang banyak yang mengkonsumsi sashimi teteapi tidak mengalami gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan Sashimi di Jepang diolah dengan proses dan teknologi yang baik sehingga tidak terdapat bakteri. 
Sayuran hijau mentah lebih baik untuk dikonsumsi.
Sayuran hijau mentah memiliki nutrisi yang tinggi, serat, vitamin, dan mineral. Kandungan gizi pada sayuran mentah lebih tinggi dari pada sayuran dengan proses pemasakan. Zat-zat gizi akan hilang sebagian apabila sayuran dilakukan pemasakan, sehingga zat gizi dari sayuran akan berkurang. Namun, disamping itu sayuran yang dikonsumsi secara mentah tidak mematikan bakteri yang ada pada sayuran tersebut. Bakteri tidak mati sepenuhnya jika tidak dilakukan proses pemanasan/pemasakan. Bakteri yang ada pada sayuran mentah dapat membahayakan tubuh. Pestisida yang terdapat pada sayuran jika tidak dimasak terlebih dahulu akan berbahaya. Dalam hal ini sayuran mentah memang memiliki nutrisi yang lebih tinggi, tetapi kebersihannya tidak terjamin.
Pada dasarnya baik dan buruk dari suatu makanan adalah tergantung pemahaman kita tentang makanan tersebut, kita sebagai manusia harus cerdas dan memiliki pengetahuan dalam memilih makanan yang kita makan. Apa yang kita makan akan berdampak bagi kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar